Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Saturday 11 February 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia

"Manajemen sumber daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat".
-------------Menurut Drs. Malayu S. P. Hasibuan.
Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia terdiri dari perencanaa, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian. Tujuannya ialah agar perusahaan mendapatkan rentabilitas laba yang lebih besar dari presentase bunga bank.
Karyawan bertujuan mandapatkan kepuasan dari pekerjaannya. Masyarakat bertujuanmemperoleh barang dan jasa yang baik dengan harga yang wajar dan selalu tersebar di pasar, sedang pemerintah selalu berharap mendapat pajak.
Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia
Tenaga kerrja manusia pada dasarnya dibedakan atas pengusaha, karyawan, dan pemimpin.
Pengusaha adalah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai perusahaan tersebut.
Karyawan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa keikut sertaan mereka, aktifitas perusahaan tidak akan terjadi. Karyawan adalah penjual jasa (pikiran dan tenaganya) dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Mereka wajib terikat untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompensasi sesuai perjanjian. Posisis karyawan dalam suatu perusahaan dibedakan atas karyawan operasional dan karyawan manajerial (pimpinan).
Pimpinan adalah seorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya
untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan. Kepemimpina adalah gaya seorang pemimpin mempengaruhi bawahannya, agar mau bekerja sama dan efektif sesuai dengan perintahnya.
Perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia
Perkembangan manajemen sumber daya manusia didorong oleh kemajuan peradaban, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan tuntutan daya saing produksi barang dan jasa yang dihasilkan.
Manajemen sumber daya manusia sudah ada sejak adanya kerjasama dan pembagian kerja di antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan tertentu. Manajemen sumber daya manusia ini pada mulanya terpadu dalam manajemen atau belum menjadi ilmu yang beridri sendiri.
Para ahli pada abad ke-20 mengembangkan manajemen sumber daya manusia menjadi suatu bidang studi yang khusus mempelajari peranan dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi. Perkembangan Manajemen sumber daya manusia didorong oleh masalah-masalah ekonomis, polotis, dan sosial.
Untuk materi lengkapnya dapat di download di sini dalam bentuk makalah MSDM
----------------------------
Al-adzani art dalam :

No comments:

Post a Comment