Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Friday 2 March 2012

Manajemen Operasional (Operational Management)

"Kegiatan untuk menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output"....[Haizer and Rander]

Ada beberapa defenisi Manajemen operasional dari berbagai teks namun hampir semua berjalan senada. Disini kami mengutip salah satu diantaranya yaitu pendapat Haizer and Rander. Manajemen Operasional Berlaku untuk berbagai macam Produsen barang seperti elektronik, garmen, ototmotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, dan konsultan.


Manajemen Operasional Memiliki beberapa Fungsi yaitu:
Fungsi Pemasaran (Marketing Function) Berhubungan dengan pasar untuk dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang dihasilkan ke pasar.
Funsi Keuangan (Finance Function) Mengelola berbagaai urusan keuangan didalam perusahaan maupun perusahaan dengan fihak luar perusahaan.
Fungsi Produksi (Operastion Function) Berkaitan dengan penciptaan barang dan jasa yang dihasilkan perusaan.

Adapun Lingkup Tanggung Jawab Manajer Operasional yaitu:
- Desain Barang dan Jasa
Keputusan ini menyangkut sebagian besar transformasi yang akan dilakukan
- Manajemen kualitas
- Desain Proses dan Kapasitas
- Strategi Lokasi
- Strategi Layout
Berdampak pada efisiensi dan efektifitas kegiatan operasional.
- Sumber daya manusia dan desain pekerjaan
- Manajemen Rantai Pasokan (Suplay Chain Management)
Menjelaskan apa yang akan pentingnya integritas antara perusahaan itu sendiri dengan pihak supplier maupun distributor karena adanya interdependensi.
- Manajemen Persediaan.
Persediaan yang tepat akan menentukan efesiensi dan efektifitas perusahaan.
- Penjadwalan
Jadwal operasional merupakan hal kritik yang harus benar-benar dimengerti karena sangat menentukan sekali bagi perusahaan.
- Pemeliharaan
Keputusan yang dibuat harus dengan system yang handal dan stabil.

Tingkat Pekerjaan Manajemen Operasinal

Manajer Pabrik (Plant Manager)
Yang biasanya harus berpengalaman dalam manajemen pabrik termasuk keahlian dibidang perencanaan produksi, manajemen pembelian, manajemen persediaan, termasuk pula pengelolaan karyawan dioperasional maupun pengelolaan sumberdaya lainnya yang dipergunakan di pabrik.
Direktur Pembelian ( Director of Purcashing)
Harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai fungsi pem,belian, kemampuan menelaah program penjualan, mengintegrasikan atau membuat keterkaitan dengan supplier sampai distributor, mengkoordinasi aktifitas operasi.
Manjer Mutu ( Quality Manger)
Mempunyai pandangan yang luas, mengenai konsep statistic untuk dapat melakukan pengawasan semua aspek operasional karena kualitas merupakan tanggung jawab secara bersama diantara semua pihak yang terlibat dalam perusahaan terutama fungsi operasional.
Konsultan Perbaikan Proses ( Process improvement Consultants)
harus memiliki keahlian yang berkaitan dengan desain proses sehingga dapat memberikan berbagai konsultasi mengenai perbaikan proses untuk operasi perusahaan.
Manajer dan Perencana Rantai Pasokan ( Suplay Chain manajer and Planner)
Bertangghung jawab mengenai negosiasi kontrak jangka panjang antara perusahaan dengan supplier maupun distributor sehingga harus mempuanya keahlian tentang Material requirement Planning, Suplay Chain Management, Teknologi komunikasi canggih dalam dunia bisnis, konsep penjadwalan dan persediaan.
______________
Diolah dari berbagai Sumber
Al-adzani art dalam:  Manajemen Operasional

1 comment:

  1. Dengan hormat

    Saya ingin memperkenalkan tentang software scada.

    SCADA adalah singkatan dari Supervisory Control And Data Aquisition.

    Scada adalah software yang digunakan untuk menghubungkan mesin mesin produksi ke komputer.

    Scada, selain digunakan untuk memantau aktivitas mesin. Juga dapat digunakan untuk memberikan laporan produksi dari mesin tersebut secara otomatis. Scada juga dapat digunakan untuk melaporkan actual runtime dari mesin tersebut.

    Di industri, scada dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan OEE (Overall Equipment Effectiveness) secara otomatis dan realtime.

    Senang dapat berkenalan dengan Anda.

    suryana dj
    0813 1714 1355

    ReplyDelete