Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Thursday 19 April 2012

Metode Pembelajaran Artikulasi

Artikulasi merupakan seuatu yang sangat penting dalam pementasan teater maupun dalam berbahas sehari hari. Perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa disebut artikulasi. Daerah artikulasi terbentang dari bibir luar sampai pita suara, dimana fonem-fonem terbentuk berdasarkan pita suara disertai perubahan posisi lidah dan semacamnya.[]

Maka dari itu penting bagi kita untuk melatih atau mempelajari artikulasi yang tepat. ada beberapa macam cara melatih artikulasi, nah... berikut salah satu Metode Pembelajaran artikulasi yang dapat dilakukan di sekolah maupun di dalam pelatihan sanggar seni.
"Metode pembelajaran artikulasi seperti pesan berantai, artinya apa yang diberikan Guru, seorang siswa wajib meneruskan menjelaskannya pada siswa lain (pasangan kelompoknya)".

Dinilah keunikan metode pembelajaran ini. Siswa dituntut untuk bisa berperan sebagai "penerima pesan" sekaligus berperan sebagai "penyampai pesan".
Langkah-langkah metode pemebelajaran artikulasi adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. guru menyampaikan materi sebagai mana biasa.
  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
  4. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengarkan sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian bergantian peran. Begitu juaga kelompok lainnya.
  5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasl wawancaranya dengan teman pasangannya samapai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
  6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
  7. Kesimpulan/penutup.
Demikian metode pembelajaran artikulasi ini semoga dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
__________________
Tulisan ini saya dedikasikan buat teman-teman calon guru yang baru saja selesai ujian proposal dan akan melanjutkan perjuangannya pada penelitian lansung... semoga apa yang kita kerjakan mendapat rahmat dari Allah SWT.

No comments:

Post a Comment