Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Thursday 22 March 2012

Unsur Penting dalam Kreatifitas

 Banyak orang yang mengira bahwa kreativitas itu banyak ditentukan oleh bakat dan kemampuan bawaan. Ini tidak sepenuhnya benar, karena daya kreatifitas ditentukan oleh perpaduan beberapa unsur berikut:

Kemampuan Berpikir Kritis
Kreatifitas sangat ditentukan oleh kemampuan berpikir kritis tidak merasa puas dengan apa yang ada. Ia ingin mencari sesuatu yang lain daripada yang telah ada. Dengan berpikir kritis, jiwa akan hidup karena didorong terus untuk mencari dan mencari. Dengan berpikir kritis orang dituntut untuk mencari kemungkinan-kemungkinan lain, hubungan-hubunganbaru dan cara-cara baru.


Kepekaan Emosi
Selain berpikir kritis, kepakaan emosi juga sangat perlu agar seseorang dapat menangkap dan merassakan sesuatu yang samar dari apa yang ada disekitarnya.

Bakat
 Bakat dapat memperkuat daya kreativitas seseorang, tetapi bukan satu-satunya unsur yang menentukan. Jika demikian, orang yang berbakat menulis akan lebih berhasil dalam menulis dibanding dengan orang yang kurang atau tidak berbakat. Namun demikian seorang yang kreatif tidak hanya mengandalkan bakatnya saja sebab bakat ibarat bara api. Apabila tidak dikipasi akan memberikan panas yang luar biasa jadi agar berarti, bakat harus dilatih dan diasah.

Daya Imajinasi
Kreativitas menuntut daya imajinasi yang tinggi. Dengan daya imajinasi seseorang dapat menciptakan sebuah gambaran utuh dan lengkap dalam fantasinya, serta mampu mengasosiasikan segala sesuatu yang dilihat, dicium, dirasa, didengar atau dirabahnya.
_________
Sumber gambar: Kreatifitas

No comments:

Post a Comment