Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Monday 6 February 2012

Kebijakan Kredit

"Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam merumuskan kebijakan kredit"
Fungsi penciptaan kredit merupakan salah satu  fungsi pokok untuk setiap bank. Ini membawa konsekuensi bahwa untuk semua bank, keberhasilannya dalam pengelolaan kredit turut menentukan keberhasilan bank dalam menghasilkan laba maupun juga dalam mempertahankan kelestariannya.
Dalam menentukan kebijakan perkreditan, seperti halnya juga dengan kebijakan-kebijakan di bidang lain. Banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh bank. Pada garis besarnya faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:
A. Faktor-faktor Lingkungan
Bank menjalankan kegiatannya bukanlah dalam alam yang hampa, melainkan dalam lingkungan yang penuh dengan dinamika. Unsur-unsur yang membentuk lingkungan bisnis perbankan yang pokok ialah:
  1. Suasana politik dan ekonomi
  2. Suasana sosial, politik, kepemerintahan dan hukum nasional
  3. Suasana dunia usaha dan suasana bisnis perbankan nasional dan lokal.
  4. Struktur perbankan yang ada.
  5. Keaneka ragaman jenis produk jasa perbankan pada umumnya dan jenis kredit perbankan pada khususnya, baik yang ada maupun potensial bisa dikembangkan
B. Keadaan Persaingan
Tercakup dalam pengertian persaingan di sini aialah Struktur perbankan/'banking Stucture' dalam perekonomian.Dari analisis mengenai keadaan persaingan pasar, diharapkan dapat diperoleh jawaban atas pertanyaa-pertanyaan berikut:
  • Bagaimana posisi bank dipasar penjualan: monopoli, ologopoli, persaingan monopolistik ataukah poli-poli?
  • Bagaimana posisi bank di pasar pembelian: onopsoni, oligopsoni, ataukah monopoli bilateral?
  • Jenis persaingan yang ada: apakah persaingan bunga/ 'interest competition' ataukah persaingan non bunga
Untuk perekonomian kita dimasa-masa sekarang dapat diduga bahwa bentuk pasar yang dijumpai oleh bank-bank pada umumnya berkisar pada bentuk-bentuk pasar ologopoli, persaingan monopolistik dan poli-poli. Bank yang besar-besar, yang kebijakan-kebijakannya memiliki dampak yang cukup kuat dalam pasar adalah cukup beralasan untuk dikatakan memiliki bentuk pasar oligopoli. Sedangkan untuk bank-bank ukuran menengah dan kecil yang berlokasi dikota-kota besar, cenderung memiliki berbentuk  pasar persaingan monopolistik.

C. Keadaan Melekat Pada Bank
Seperti halnya tidak akan dijumpainya dua orang yang seratus persen sama, kita dapat mengatakan juga di dunia ini tidak akan dijumpai adanya dua bank yang seratus persen sama. Perbedaan tersebut membawa konsekwensi berupa tidak smanya kinerja yang dicapai oleh bank yang satu dengan yang dicapai oleh bank yang lain, sekalipun bank tersebut beroperasi dalam lingkungan yang sama.
Adapun faktor-faktor yang membedakan antara bank yang satu dengan bank yang lain, yang berarti juga yang menyebabkna berbedanya kemampuan bersaing antara bank yang satu dengan yang bank yang lain, yang sangat pokok ialah:
  1. Struktur organisasi internal bank.
  2. Jumlah mutu dan susunan kativa, pasiva dan sumber-sumber daya lainnya yang tersedia bagi bank.
  3. Tempramen dan sikap para pemegang pimpinan bank dan para karyawan bank
  4. Lokasi bank.
-------------------------------------
al-adzani art dalam: Kebijakan Kredit

3 comments:

  1. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau melakukan Anda membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Perlu membayar pinjaman hutang mereka atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda akan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank / lembaga keuangan lokal lainnya? Anda perlu satu pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun seperti: Email: ptlenders@yahoo.com

    a) Personal Loan, Ekspansi Bisnis,
    b) Business Start-up, Pendidikan,
    c) Konsolidasi Utang,
    d) Keras Uang Pinjaman

    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% dan dengan jaminan dan tidak Agunan, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal modal ventura, pinjaman bisnis, pinjaman pendidikan, hipotek atau pinjaman untuk alasan apapun ".

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menentukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu membelinya, memberikan Anda kesempatan nyata mendapatkan dana yang Anda butuhkan!

    Hubungi kami melalui Email: ptlenders@yahoo.com
    Bacon Tasha Elizabeth®

    ReplyDelete
  2. Trimakasih mas sngt membantu, ijin copas. Sy akan cantumkan link di sumber

    ReplyDelete
  3. Trimakasih mas sngt membantu, ijin copas. Sy akan cantumkan link di sumber

    ReplyDelete