Pages

Subscribe:

Disqus for al-adzani_art

Monday 20 February 2012

Cara Mengetahui Bahwa Seseorang Sedang Berusaha Memanipulasi Anda

"Tujuh trikmematikan yang harus diwaspadai"
Dari ruang tidur hingga ruang rapat, pelajarilah cara melihat dengan jeli dan mengevaluasi dengan mudah informasi-informasi tanpa diengaruhi oleh mereka yang memendam maksud tak baik dan mencari untung sendiri. Trrik-trik para manipulator mengandung tujuh taktik mematikan yang bisa menyeret anda masuk kedalam perangkap. Berita bagusnya, dengan mengetahui ketujuh taktik itu, anda bisa mewaspadainya, dan... tidak pernah lagi diperalat!
Tujuh faktor ampuh yang dimanfaatkan oleh para maniplator adalah rasa bersalah, intimidaasi, pemancingan ego, rasa takut, rasa ingin tahu, hasrat kita untuk disukai, dan cinta. Mereka yang memanfaatkan faktor-fsktor ini akan berusaha mengalihkan anda dari logika ke emosi--ke lapangan permainan yang tidak bermutu. Karena mereka mengetahui bahwa mereka tidak bisa mengalahkan fakta, maka mereka berusaha mempermainkan emosi Anda dengan menggunakan salah satu atau mengombinasikan taktik-taktik berikut:
Rasa Bersalah: "Tega niang kamu mengatakan hal itu? Aku sungguh kecewa karena kamu tidak memercayaiku. Aku tidak tahu lagi siapa kamu ini."
Intimidasi: "Apa masalahnya, tidak bisakah kamu memebuat keputusan? Apa kamu tidak memiliki cukup kpercayaan diri untuk melakukan hal ini?"
Pemancingan ego: "Kulihat kamu orang cerdas. Aku hanya tidak ingin membiarkan peluang emas berlalu darimu. Bagaimana mungkin? Bagiku, kamu sudah seperti diriku sendiri."
Rasa Takut: "Kamu tahu, kamu bisa kehilangan kesempatan emas ini. Aku sangat yakin bah kamu tahu. aku sedang mengatakan padamu bahwa kamu tidak akan mendapat kesempatan emas ini lagi. Ini adalah kesempatan terakhir untuk menajadikannya kenyataan, mengapa kamu ingin melewatkan kesempatan emas ini?"
Rasa Ingin Tahu: " Ingat, kamu hanya hidup sekali. Coba sajalah. Kamu toh bisa kembali pada keadaan semula. Hal itu mungkin menyenangkan, mengasyikkan,; petualang sejati,! kamu tidak akan pernah tahu kecuali kamu mencobanya, dan kamu bisa menyesal nantinya."
Hasrat Kita Untuk Disukai: " Menurutku, kamu suka tantangan. Orang lain pun berpikir demikian. Sungguh sangat mengecewakan jika kamu tidak ikut bersama kita. Ayolah, tak seorangpun suka bila ada seseorang yang mundur.... ini kesempatan kamu untuk membuktikan seperti apa kamu."
Cinta: " Jika kamu mencintaiku, kamu tidak akan menanyakan hal itu padaku.Tentu, aku benar-benar tulus mencintaimu. Aku tidak mungkin berbohong padamu. Kamu tahu apa yang ada dalam hatiku, bukan? Kita jalani hubungan menakjubkan jika kamu biarkan dirimu larut dalam hal-halmanis yang menanti kita i di masa depan.
Butir Penting: Semua harus rinci. Semakin rinci cerita dia, semakian Anda bisa memercayai apa yang dia ceritakan. Cerita yang dikarang-karang sering banyak mengandung keganjalan, samar-samar, dam abstrak. Seerapa spesifik dia bercerita?
-------------------------------------
Sumber: David J. Liemberman, Ph.D.

No comments:

Post a Comment